Tuesday, March 31, 2009

Sackdress dari Kain batik merah Asal Pekalongan

Sackdress biasanya dibuat dari kain-kain jatuh seperti satin yang lembut supaya memberi kesan anggun pada pemakainya. Wah...tapi model baju bak cewek banget gitu bukan tipe baju yang nyaman untuk saya pakai, bisa-bisa malah robek, hahahaha
dari kain batik pekalongan ini, bisa juga kok dibuat sackdress sepanjang betis.


Untuk memberi kesan penuh pada dada (terutama dada saya, hehehe), diberi kerutan. Lengan dibikin pendek, atau bisa juga tanpa lengan supaya aksen kerut pada dada menonjol. bagian belakang diberi karet, agar nyaman dipakai dan tidak sumpek.
Sackdrees dengan model dada terbuka seperti ini cocok digunakan oleh cewek dengan postur tubuh sedang, karena tidak akan terkesan berlebihan pada dada. Jika tidak pede dengan model dada terbuka seperti ini, bisa juga menambahkan aksesori kalung batu yang besar atau syal berwarna lebih terang dari warna dress, jadi dada akan lebih tertutup.


Tadinya yang terpikir oleh saya adalah menjadikan kain sepanjang 1,75x2 meter ini sebagai dress panjang tanpa lengan, tapi kata penjahitnya nggak cukup, bahkan untuk model rok rimpel saja, kain tetap kurang. Harga kain ini juga ngga begitu mahal, untuk ukuran harga di pameran besar, yaitu Rp 75.000,00.
karena saya membeli kain batik dalam bentuk set, maka tidak bisa nambah lagi (lagian pamerannya juga udah selesai).
jadi atas usul si penjahit, dibuat sackdress bentuk A - line tanpa kerutan, plisket atau pias, bagian pinggang dibentuk press body, jadinya lumayan juga untuk pergi ke pesta atau ke gereja kan?


Kain batik macamnya ada banyak. bisa berasal dari seluruh penjuru daerah di pulau jawa. Nah, yang satu ini adalah kain batik asal Pekalongan, Jawa Tengah. Yang membedakan batik Pekalongan dengan batik dari daerah lainnya, motif dan warnanya muda dan cerah. tidak seperti batik Yogyakarta yang dominasi warnanya coklat, batik Pekalongan lebih di dominasi warna-warna terang seperti merah, hijau, biru, kuning atau bias juga perpaduan di antaranya.


sackdress, design by Wulan Desember 2008
Referensi :
Kain Batik pekalongan : Pameran Batik JCC JAkarta
Penjahit : LASMI tailor, Pasar Mayestik, Jakarta

No comments: